Kamis, 02 Januari 2020

Dasar Aturan Jadwal Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dilaksanakan Pkbm

Masih ada sebagian masyarakat yang mempertanyakan keabsahan jadwal PAUD yang dilaksanakan DASAR HUKUM PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DILAKSANAKAN PKBM
PAUD DIPKBM ALFALAH BANJARMASIN
Masih ada sebagian masyarakat yang mempertanyakan keabsahan jadwal PAUD yang dilaksanakan di Pusat-pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM, alasannya yaitu memang status PKBM sebagai satuan pendidikan demikian juga dengan PAUD sebagai satuan pendidikan. Berikut ini yaitu dasar hukumnya bahwa PKBM itu boleh melakukan Program PAUD.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional pasal 26 ayat (4) sentra acara berguru masyarakat dinyatakan sebagai satuan pendidikan nonformal. Selanjutnya Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 pasal 105 ayat (2) dinyatakan bahwa salah satu jadwal yang sanggup diselenggarakan oleh PKBM yaitu pendidikan anak usia dini. Hal tersebut ditegaskan lagi dalam Peraturan Mendikbud Nomor 81 Tahun 2013 wacana Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal pasal 4 ayat (4) bahwa PKBM yang didirikan sanggup menyelenggarakan di antaranya yaitu jadwal pendidikan anak usia dini.

Ketika Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat menyelenggarakan Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak atau Satuan PAUD sejenis, maka PKBM dipandang sebagai satuan pendidikan nonformal maka  Kelompok Bermain, Tempat Penitipan Anak atau Satuan PAUD sejenis merupakan program. Artinya sebagai jadwal pendidikan anak usia dini yang berada dalam satuan pendidikan nonformal (PKBM).

Hal tersebut ditegaskan dalam Permendikbud Nomor 84 Tahun 2014 wacana Pendirian Satuan PAUD. Dalam pasal 19 ayat (1) dinyatakan bahwa KB, TPA, dan/atau SPS sebagai jadwal pendidikan nonformal sanggup diselenggarakan oleh satuan pendidikan nonformal dalam bentuk sentra acara berguru masyarakat, majelis taklim, atau satuan pendidikan nonformal sejenis, dengan terlebih dahulu mengajukan izin penyelenggaraan program.

Dengan demikian tidak ada aturan bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat untuk mengajukan izin penyelenggaraan jadwal pendidikan anak usia dini. Sudah barang tentu izin penyelenggaraan jadwal tersebut harus sesuai dengan ketentuan Permendikbud Nomor 84 Tahun 2014.


Sumber: http://fauziep.com/ini-dasar-hukum-pkbm-boleh-menyelenggarakan-program-paud/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar