Jumat, 03 Januari 2020

Cara Membuatkan Kreativitas Pada Anak Berdasarkan Teori

Siapa orang bau tanah yang tidak ingin mempunyai anak yang pandai dan kreativ, semua orang bau tanah niscaya ingin anaknya menjadi pandai dan kreativ, alasannya anak yang kreativ sanggup membantu kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang baik segi kognitif, afektiv dan motorik sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Secara umum pengertian Kretivitas yakni suatu karunia dari yang maha pencipta pada makhluk pandai yang namanya manusia. Berbagai wangsit kreatif akan mucul manakala insan mulai memakai nalar budinya untuk memenuhi aneka macam kebutuhan dan hasrat dalam hidupnya, sehingga insan yang kreatif tidak pernah berhenti berpikir dan berpikir, selalu saja ada ide-ide yang lahir dari benak setiap kali melihat, mendengar atau mencicipi sesuatu yang mereka alami. 

  1. Menurut Santrock, kreativitas yakni kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara-cara yang gres dan tidak biasa serta melahirkan suatu solusi yang unik terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
  2. Mayesty menyatakan bahwa kreativitas : cara perpikir dan bertindak atau membuat sesuatu yang original dan bernilai atau berkhasiat bagi diri sendiri dan orang lain.
  3. Angelou beropini bahwa kreativitas ditandai dengan adanya kemampuan untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk gres atau ntuk menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif.
  4. Munandar yang mengutif pada Gallagher menyatakan bahwa kreativitas berafiliasi dengan kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang belum ada sebelumnya.
  5. Moustakes menyatakan bahwa kreativitas berafiliasi dengan pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam relasi dengan diri sendiri dengan alam dan orang lain
  6. Semiawan dalam Munandar beropini bahwa kreativitas merupakan kemampuan dalam pemecahan problem kreativitas kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara-cara yang  baru dan tidak biasa serta melahirkan suatu solusi yang unik terhadap masalah-masalah yang dihadapi. 

Karakteristik dari suatu bentuk kreativitas tampak dalam proses berpikir dikala seseorang memecahkan problem yang berafiliasi dengan :
a.Kelancaran (fluency
berupa kemampuan dalam menunjukkan balasan / mengemukakan pendapat atau ide-ide.

b.Kelenturan (flexiblity
berupa kemampuan untuk mengemukakan aneka macam alternatif dalam memecahkan masalah.

c.Keaslian (originality
berupa kemampuan untuk menghasilkan aneka macam wangsit atau hasil karya ajaran sendiri.

d.Memperinci (Elaborasi
berupa kemampuan untuk memperluas wangsit dan aspek-aspek yang mungkin tidak terpikirkan atau terlihat orang lain.

Kreativitas mempunyai ciri-ciri non aptitude menyerupai rasa ingin tahu, bahagia mengajukan pertanyaan bersifat imajinatif tertantang atau berani mengambil resiko, perilaku menghargai, percaya diri, terbuka dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru, kreativitas berafiliasi dengan proses berpikir yang dilakukan oleh seseorang berkemampuan berpikir menyebar (divergent thinking) bukan menyempit (Convergent Thingking).

Mayesty mengemukakan 8 cara untuk membantu anak dalam mengekspresikan kreativitas yaitu :
1.Membantu anak mendapatkan perubahan 
2.Membantu menyadari bahwa beberapa problem tidak gampang dipecahkan
3.Membantu untuk mengenali aneka macam problem mempunyai solusi
4.Membantu menafsirkan dan mendapatkan perasaannya.
5.Memberi perhargaan 
6.Menghargai perbedaan dalam dirinya
7.Memberikan rasa nyaman dalam melaksanakan acara kreativ, dan 
8.Membantu membangun ketekunan dalam dirinya.

Rhodes dalam Munandar menjelaskan bahwa pengembangan kreativitas pada diri seseorang sanggup dilakukan melalui pendekatan 4 P yaitu Person (pribadi) merupakan tindakan kreatif muncul dari seluruh keunikan kepribadian, process (proses); merupakan langkah-langkah kreatif dimulai dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi, Press (dorongan) serta Product (hasil akhir).

Sumber : http://chantekmekap.blogspot.com/search?q=cara-mengembangkan-kreativitas-pada-anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar