Kamis, 02 Januari 2020

Kurikulum Pendidikan Keluarga

Pemenang Nobel Profesor James Heckman telah menemukan suatu cara gres untuk pengembangan p KURIKULUM PENDIDIKAN KELUARGA
Parenting-class
Pemenang Nobel Profesor James Heckman telah menemukan suatu cara gres untuk pengembangan potensi insan seutuhnya. Ia percaya bahwa ada terlalu banyak fokus pada pengembangan keterampilan kognitif di mana pengetahuan sanggup di uji, bukan pada pengembangan keterampilan sosial - ibarat perhatian, ketekunan dan bekerja dengan orang lain. Ketika keterampilan sosial pada usia dini digabungkan dengan keterampilan kognitif, hal ini sanggup membantu membuat warga negara yang lebih cakap dan produktif.

Setiap anak membutuhkan pengembangan anak usia dini yang efektif untuk keberhasilannya, tetapi belum dewasa yang kurang beruntung yang mungkin paling sulit untuk mendapatkannya.

Heckman telah mengambarkan bahwa investasi bahwa investasi dalam pengembangan anak usia dini bagi belum dewasa yang kurang beruntung akan menghasilkan manfaat besar bagi individu dan masyarakat dengan memperoleh pendidikan yang lebih baik, kesehatan, dampak hasil ekonomi dan sosial, tidak hanya menghemat uang pembayar pajak, tetapi meningkatkan produktivitas ekonomi bangsa. Semua orang memperoleh manfaat ketika negara berinvestasi, menyebarkan dan mempertahankan sumber daya alam dan manusia.

Persamaan Heckman yang menemukan cara gres pengembangan potensi insan seutuhnya, dimana ketika keterampilan sosial pada usia dini digabungkan dengan keterampilan kognitif sanggup membantu membuat warga negara yang lebih cakap dan produktif, demikian juga inovasi para mahir perkembangan otak yang menyatakan bahwa arsitektur otak dibangun setiap ketika semenjak janin, dan bahwa kekuatan atau kelemahan fondasi berguru dan abjad berbantung pada kualitas arsitektur otak, menjadi dasar penting dalam pengembangan kurikulum pendidikan keluarga.

Isi Kurikulum Pendidikan Keluarga terdiri dari tiga tingkat gosip :

1. Dimensi :
a. Pembinaan Orang Tua
b. Hubungan Orang bau tanah dan anak
c. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
d. Pembinaan Keluarga
e. Masyarakat dan Budaya

2. Materi
a. Area pembelajaran pada masing-masing dimensi
b. Kadungan pembelajaran yang lebih sepesifik pada masing-masing area pembelajaran

3. Indikator 
Indikator yang merupakan tujuan jangka panjang pembelajaran pada masing-masing kandungan pembelajaran.

Lihat Kerangka Kurikulum dan Komponennya download di sini !!

Sumber : Buku Roadmap Pendidikan Keluarga Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen PAUDNI-Dikmas Depdiknas 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar