Kamis, 02 Januari 2020

Inilah Petingnya Pengembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini

----Kita tentunya masih ingat Pandang Piaget wacana kognitif dan kognisi bahwa perkembangan kognitif bukan hanya hasil kematangan organisme, bukan pula imbas lingkungan saja, melainkan interaksi antara keduanya. Dalam pandangan Pieget ini organisme aktif mengadakan korelasi dengan lingkungan. Perbuatan atau lebih terang lagi adaptasi terhadap objek-objek yang ada di lingkungannya, yang merupakan proses interaksi yang dinamis inilah yang disebut kognisi pada anak usia dini.
   
Pada dasarnya pengembangan kognitif dimaksudkan biar anak bisa melaksanakan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui pancaindranya sehingga dengan pengetahuan yang didapatnya tersebut anak akan sanggup melangsungkan hidupnya dan menjadi insan yang utuh sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk Tuhan yang harus memberdayakan apa yang ada di dunia uni untuk kepentingan dirinya dan orang lain.

Proses kognisi mencakup aneka macam aspek, menyerupai persepsi, ingatan, pikiran, simbol, pikiran sehat dan pemecahan masalah. Berdasarkan pendapat Piaget wacana pengembangang kognitif ini maka adalah sangat penting bagi guru  dan orang renta untuk turut menyebarkan kemampuan kognitif pada anak yaitu sebagai berikut;
  1. Agar anak bisa menyebarkan daya persepsinya menurut apa yang ia lihat, dengar dan rasakan sehingga anak akan mempunyai pemahaman yang utuh dan komprehensif.
  2. Agar anak bisa melatih ingatannya terhadap semua insiden dan insiden yang pernah dialaminya
  3. Agar anak bisa menyebarkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu insiden dengan insiden lainnya
  4. Agar anak memahami aneka macam simbol-simbol yang tersebar di dunia sekitarnya
  5. Agar anak bisa melaksanakan penalaran-penalaran baik yang terjadi secara melalui proses alamiah (spontan) ataupun melalui proses ilmiah (percobaan)
  6. Agar anak bisa memcahkan duduk kasus hidup yang dihadapinya sehingga pada karenanya ia akan menjadi individu yang bisa menolong dirinya sendiri.
Melalui pengembangan kognitif anak, fungsi pikir anak sanggup dipakai dengan cepat dan sempurna untuk sanggup mengatasi situasi dalam memecahkan suatu kasus yang terjadi dalam hidupnya sehari-hari.

Demikian wacana pentingnya pengembangan kognitif pada Anak Usia Dini, semoga artikel singkat ini sanggup bermanfaat, untuk bunda dan ayah biar membantu pengembangan kognitif-pengetahuan pada bawah umur kita. terimakasih.



* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar