Rabu, 01 Januari 2020

Inilah Tugas Pengampu, Mentor Dan Penerima Dalam Moda Daring Kombinasi Gpo

---Bunda dalam postingan kali ini sehabis kemarin kita membahas perihal apa itu Moda daring, kembali kita akan mencoba menjawab banyak pertanyaan dari para bunda-guru pendidik TK-PAUD, khususnya calon penerima acara GPO (Guru Pembelajar Online) Tentang apa sih moda daring Kombinasi? dan apa kiprah pengampu, mentor dan penerima dalam acara GPO ini?

Berikut penjelasannya :

Moda Daring Kombinasi atau yang terkenal disebagian orang disingkat "DARKOM", pada moda ini penerima melaksanakan interaksi berguru secara daring dan tatap muka. Interaksi berguru daring dilakukan secara berdikari dengan memanfaatkan teknologi info dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja. Interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan penerima lainnya di sentra berguru (PB) yang telah ditetapkan  dan difasilitasi oleh seorang mentor. Interaksi pada daring kombinasi sanggup dilihat pada Gambar berikut.
Gambar. Model pembimbingan Guru Pembelajar moda daring kombinasi
 
  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu memfasilitasi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring. 
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan penerima secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan penerima secara daring.
  • Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati bersama antara penerima dan mentor. Struktur jadwal pertemuan antara penerima dan mentor di PB

PERAN PENGAMPU
Peran Pengampu pada Guru Pembelajar Moda daring Kombinasi
Peran tersebut secara rinci yaitu sebagai berikut.
a. Peran pengampu terhadap Mentor
1) Berkomunikasi dengan mentor secara daring untuk memonitor pelaksanaan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
2) Memfasilitasi proses berguru selama pembelajaran daring berlangsung
3) Mendampingi dan memberi semangat kepada mentor dalam proses pembimbingan pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
4) Memeriksa rekaman acara mentor dengan memakai analytic tool, dan
5) Memberikan umpan balik terhadap laporan kemajuan penerima yang dikirimkan oleh mentor.
b. Peran pengampu terhadap penerima
1) Memonitor keaktifan penerima dalam pembelajaran daring
2) Memfasilitasi proses berguru selama pembelajaran daring berlangsung
3) Menganalisis hasil rekaman acara dan hasil evaluasi penerima yang diserahkan kepada Koordinator Program Guru Pembelajar sebagai materi laporan bagi UPT.

PERAN MENTOR
Tugas utama mentor yaitu melaksanakan pendampingan kepada penerima di dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi Guru Pembelajar moda daring. Peran mentor terhadap penerima sanggup dijelaskan sebagai berikut.
a. Peran mentor pada Guru Pembelajar  moda daring kombinasi
1) Mendukung penerima mengikuti acara Guru Pembelajar moda daring
2) Mendampingi dan memfasilitasi penerima dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
3) Memberikan semangat dan mengingatkan penerima untuk menuntaskan kiprah secara daring
4) Memberi umpan balik terhadap lembar kerja yang diunggah peserta
5) Memeriksa rekaman acara secara daring melalui activity completion
6) Menyampaikan laporan kemajuan penerima kepada pengampu melalui portfolio “Laporan Hasil Kemajuan Peserta” secara bersiklus setiap selesai minggu
7) Menjadi pengawas ujian tes selesai di TUK bersama direktur TUK.
  
b. Peran mentor pada Guru Pembelajar moda daring kombinasi
1) Mendukung penerima mengikuti acara Guru Pembelajar moda daring
2) Mendampingi penerima dalam mengikuti pembelajaran Guru Pembelajar moda daring
3) Memfasilitasi penerima secara tatap muka pada pembelajaran Guru Pembelajar moda daring di Pusat Belajar
4) Memberikan semangat dan mengingatkan penerima untuk menuntaskan kiprah secara daring maupun luring
5) Memberi umpan balik terhadap lembar kerja yang diunggah peserta
6) Memeriksa rekaman acara secara daring melalui activity completion
7) Menyampaikan laporan kemajuan penerima kepada pengampu secara bersiklus setiap selesai minggu
8) Menjadi pengawas ujian tes selesai di TUK bersama direktur TUK.

PERAN PESERTA
Peserta dalam Guru Pembelajar moda daring harus berperan aktif dalam seluruh proses pembelajaran daring, antara lain:
a. Melaksanakan proses pembelajaran secara aktif dan berkomitmen tinggi
b. Melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif
c. Berbagi pengalaman kepada penerima lain
d. Memberikan umpan balik yang konstruktif
e. Mencari balasan terhadap permasalahan melalui aneka macam sumber antara lain melalui internet, buku, dan lain-lain
f. Mengungkapkan permasalahan terkait pembelajaran yang dihadapi
g. Menyelesaikan kiprah sesuai dengan materi pembelajaran
h. Mengunggah seluruh lembar kerja ke dalam portofolio elektronik (e-portofolio).

Berikut yaitu alur acara pengampu pada Guru Pembelajar moda daring/daring kombinasi:

Alur acara pengampu pada Guru Pembelajar moda daring/daring kombinasi

Demikian mengenai moda Daring kombinasi 'Darkom' dan peranya para pengampu, mentor dan peserta, agar bermanfaat. Selamat belajar.


SUMBER : Kemendikbud P4TK dan PLB Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar